PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan pada huruf A, B, C, atau D
pada lembar jawaban.
1. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Akibat hujan deras yang mengguyur
sebagian besar wilayah Trenggalek Minggu malam (15/1), tiga desa di Kecamatan
Tugu terendam banjir. Di samping itu, dua jembatan di Desa Winong dan Desa
Tegaren runtuh diterjang arus sungai yang cukup deras. Akibatnya, 83 kepala
keluarga (KK) di Dusun Semolanding, Desa Winong terisolasi
|
Pemerintahan Perdana Menteri
Yingluck Shinawatra tampaknya masih harus lebih lama mengurusi banjir. Sejak
akhir Juli lalu hingga sekarang air masih menggenangi sebagian besar wilayah
Thailand. Akibat banjir di Negeri Gajah Putih itu sampai kemarin (6/11)
dilaporkan korban yang tewas melebihi angka 500.
|
Perbedaan pola
penyajian kedua teks tersebut adalah ....
Teks I
|
Teks II
|
|
A.
|
urutan sebab-akibat
|
urutan umum khusus
|
B.
|
urutan waktu
|
urutan tempat
|
C.
|
urutan peristiwa
|
urutan akibat-sebab
|
D.
|
urutan umum-khusus
|
urutan sebab-akibat
|
2. Bacalah teks berikut!
Novel 5 cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang remaja yang
menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial, Zafran, Rani,
Ian, dan Gent
Ceritanya sangat menarik, penuh semangat, kebersamaan,
dan petualangan. Penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan alur
ceritanya tidak membosankan. Karena itu pembaca sangat tertarik untuk membaca
novel ini sampai halaman terakhir.
Novel ini berakhir dengan happy ending tetapi masih
sedikit menggantung dan terasa begitu dipaksakan. Bisa dilihat dengan
pembentukan keluarga mereka ditambah keturunan mereka yang umurnya semuanya
sebaya.
Pernyataan
yang merupakan keuggulan buku pada teks
tersebut terdapat pada ....
A. Novel ini berakhir
dengan happy ending tetapi masih sedikit menggantung dan terasa begitu
dipaksakan.
B. Bisa dilihat dengan
pembentukan keluarga mereka ditambah keturunan mereka yang umurnya semuanya
sebaya.
C. Penulis menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti dan alur ceritanya tidak membosankan.
D. Karena itu pembaca
sangat tertarik untuk membaca novel ini tidak sampai halaman terakhir.
3. Bacalah teks berikut!
Cara efektif untuk memperoleh manfaat ngopi
adalah dengan mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang tidak berlebihan.
Minum secangkir kopi yang tidak terlalu kental tiap pagi dan siang hari
membantu mendongkrak kekuatan fisik. Secangkir kopi pada siang hari membantu
kita mendapatkan kembali kesegaran yang mulai menurun setelah bekerja dari pagi
sampai siang hari.
Harap selalu diingat, bahwa manfaat kopi akan
maksimal apabila didukung dengan pola hidup sehat. Gangguan kesehatan dalam
bentuk apa pun tetap membuka peluang bagi terjadinya efek merugikan akibat
minum kopi.
Komentar yang
tepat terhadap isi teks tersebut adalah ...
A. Minum kopi
dapat membantu kita mendapatkan kesegaran jika dilakukan secara efektif.
B. Minum kopi pagi, siang, dan malam dapat
meningkatkan kebugaran sepanjang hari.
C. Minumlah
kopi kental untuk mendapatkan kembali
kesegaran yang mulai menurun.
D. Supaya tidak
ada efek merugikan, sebaiknya kita menghindari minum kopi.
4. Bacalah teks berikut!
Saya termenung. Apa pun yang saya lakukan sekarang, saya sudah
basah. Tak menolak dengan tegas, berarti saya sudah menerima. Ketidakmampuan
saya untuk tidak segera menolak, karena kurang pengalaman, tak akan dipercaya.
Siapa yang akan peduli. Masyarakat
sedang senang-senangnya melihat pemakan suap digebuk. Kalau bisa mereka mau
langsung ditembak mati tanpa diadili lagi.
Dan kenapa saya terlalu lama bego.
Melongo adalah pertanda bahwa saya diam-diam punya keinginan menerima.
Aduh malunya. Tapi coba, siapa yang
tidak ingin ketimpa rezeki nomplok. Orang kecil memang selalu tidak
beruntung. Sedekah ikhlas pun sering
difitnah sebagai suap.
(“Suap” Putu Wijaya)
Makna yang sesuai untuk istilah rezeki nomplok
dalam teks tersebut yaitu ....
A. Rezeki yang
diperoleh tanpa diduga dan dalam jumlah yang cukup besar.
B. mendapat
keuntungan tidak dengan bersusah payah.
C. Rezeki yang
sudah diduga dan dalam jumlah yang
sangat besar.
D. mendapat
keuntungan besar dengan sedikit bersusah
payah.
5. Bacalah kutipan cerpen berikut.
Deras
hujan agak berkurang. Sekitar rumah tempat
Pak Sarman berteduh masih sangat sepi. Dia menengok ke dalam rumah itu,
juga tampak sangat sepi. Tetapi anehnya, pintu rumah tidak dikunci, bahkan
sedikit terbuka. Dia mengamati isi rumah itu. Tampak barang-barang berharga di
situ. Ada pesawat TV yang cukup besar, jam dinding, tape recorder, dan yang paling menarik adalah arloji berwarna emas
yang tergeletak di atas meja. Jam itu tentu harganya sangat mahal, pikirannya.
Jam itu bagai membisikkan sesuatu ke telinganya.
Pak Sarman pun ingat keluarganya yang sebentar
lagi kelaparan. Seandainya aku dapat menjualnya, tentu saat yang mengerikan itu
akan tertunda lebih lama lagi dan aku mempunyai peluang dan ongkos untuk
melakukan pekerjaan lagi ................ “Tapi bagaimana nanti kalau
ketahuan?” Ia berpikir kembali. Ah, kenapa tiba-tiba aku ingin jadi
Makna kata tersurat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Seorang pencuri
yang taubat dari merasa takut.
B. Seorang ayah
yang mudah menyerah.
C. Seorang yang
mampu mengalahkan keinginan jahatnya.
D. Seorang yang
mengutuk dirinya sendiri karena ingin jadi pencuri.
6. Perhatikan paragraf berikut!
langkah terakhir membuat taman adalah menempatkan tanam-tanaman yang
kita sediakan sesuai dengan sketsa yang dibuatnya. tanam-tanaman hendaknya
tidak dalam ukuran yang serupa dan warna senada. usahakan membuat komposisi
yang nyaman dipandang, baik bentuk maupun warnanya. terakhir letakkan
jembatan rumah gubuk boneka atau kaca sebagai danau tiruan.
|
Kata-kata pada paragraf tersebut yang seharusnya
diawali huruf kapital adalah ….
A. Langkah,
tanam-tanaman, usahakan, terakhir
B. Langkah,
hendaknya, usahakan, terakhir
C. Langkah,
sesuai, usahakan, terakhir
D. Langkah,
usahakan, terakhir, danau
7.
Cermati
paragraf berikut!
(1)Bandara Changi dibangun sedemikian rupa
sehingga mirip mal. (2)Bandara ini
dilengkapi seratus toko dan lebih dari empat puluh kios makanan. (3)Sebagian
besar dari lantainya ditutup karpet sehingga tebal serta lembut. (4) Ada taman bermain anak-anak. (5)Sofa-sofa empuk di taman untuk bersantai. (6)Tidak mengherankan jika bandara Changi juga
dijadikan tujuan wisata.
|
Kalimat yang tidak efektif pada paragraf tersebut ditandai dengan
nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
8.
Perhatikan
kalimat berikut!
Beberapa anak ... di sekitar taman yang baru diresmikan
Gubernur DKI Jakarta.
|
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah ....
A.
lari
B. lari-lari
C. lari-larian
D.
berlari-lari
9.
Perhatikan
kalimat berikut!
Kabut asap yang terjadi di Kalimantan Barat …
menutupi beberapa negara tetangga menunjukkan ... sistem pembakaran untuk
pembukaan lahan baru masih buruk
|
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di tersebut
adalah ….
A. dan, bahwa
B. serta, karena
C. dan, sebab
D. serta, sebab
10. Bacalah
teks berikut ini dengan saksama!
Saya sangat senang membuat ketrampilan. Beberapa keterampilan pernah saya
kerjakan,misalnya membuat rak kaca,tempat buku,tempat pensil, dan tas kertas.
Hasil pekerjaan itu sering saya hadiahkan untuk adik atau saudara yang sedang
berulang tahun.
Kata yang salah
ejaannya pada paragraf di atas adalah......
A.
membuat
B.
ketrampilan
C.
hadiahkan
D.
saudaraku
11. Bacalah paragraf berikut ini dengan saksama!
(1) Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia. (2)
Lingkungan bermacam-macam,di antaranya Lingkungan rumah dan lingkungan sekolah.
(3) Lingkungan tersebut harus dirawat dan dijaga kebersihannya. (4) Jika tidak
dirawat dan dijaga,lingkungan akan kotor sehingga menjadi sumber berbagai
penyakit. (5) Setiap hari minggu diadakan kerja bakti.
Kalimat yang tidak
padu pada teks tersebut adalah....
A.
(2)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(5)
12. Perhatikan kalimat berikut ini dengan saksama!
Banyak buku-buku di
perpustakaan itu belum dibaca.
Penggunaan kata banyak pada kalimat tersebut salah
karena.....
A.
Kata ulang buku-buku
sudah bermakna banyak.
B.
Kalimat tidak dapat didahului oleh kata bilangan.
C.
Kata banyak
tidak menunjukkan jumlah yang pasti.
D.
Kata banyak
tidak dapat diletakkan di awal kalimat.
13. Perhatikan kalimat berikut ini dengan saksama
Pelari itu
mempunyai bakat...
Kata berakhiran
–iah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah....
A.
ilmiah
B.
badaniah
C.
alamiah
D.
batiniah
14. Perhatikan kalimat berikut ini dengan saksama
Penulisan singkatan gelar kesarjanaan yang
tidak tepat terdapat pada ....
A. Mr. Muh. Yamin adalah seorang sastrawan.
B. Ir. Marzuki tinggal di Jakarta.
C. Y.T.C.
Simorangkir, SH
berasal dari Sumatera.
D. Sujatmoko, B.A. pernah tinggal di kota ini.
15. Perhatikan kalimat berikut!
Pemilihan gubernur DKI jakarta
dipastikan terjadi dua putaran.
Penggunaan huruf kapital yang tepat
dalam kalimat tersebut …
A. Pemilihan
Gubernur DKI jakarta dipastikan terjadi dua putaran.
B. Pemilihan
gubernur DKI Jakarta dipastikan terjadi dua putaran.
C. Pemilihan
Gubernur DKI Jakarta dipastikan terjadi dua putaran.
D. Pemilihan
gubernur DKI jakarta dipastikan terjadi dua putaran.
16. Bacalah
kalimat berikut!
Surat itu dikirimkan
oleh Fitria SH a/n PT Mutiara Jaya
Penggunaan tanda baca
yang tepat pada kalimat tersebut …
A. Surat itu
dikirimkan oleh Fitria, SH a/n PT Mutiara Jaya.
B. Surat itu
dikirimkan oleh Fitria, S.H a.n PT Mutiara Jaya.
C. Surat itu
dikirimkan oleh Fitria, S.H. a/n PT Mutiara Jaya.
D. Surat itu
dikirimkan oleh Fitria, S.H. a.n. PT Mutiara Jaya.
17.
Bacalah teks berikut!
Rumah itu sudah
lama ditinggalkan pemiliknya. Bahkan beberapa hari yang lalu dipasang plangakan dijual. Namun, rumah besar dan strategis itu tentu harganya sangat
mahal. Paling hanya orang yangsekedar iseng saja yang mencoba
menghubungi nomor telepon di plang itu.
Kata dengan ejaan yang tidak tepat
dan perbaikannya pada teks tersebut adalah …
Tertulis
|
Perbaikan
|
|
A
|
Plang
|
Pelang
|
B
|
nomor
|
Nomer
|
C
|
Strategis
|
Strategik
|
D
|
Sekedar
|
Sekadar
|
18. Perhatikan kalimat berikut!
Orang utan biasanya mengonsumsi:
buah-buahan, biji-bijian dan daun-daunan.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada
kalimat tersebut adalah …
A. Orang utan
biasanya mengonsumsi buah-buahan, biji-bijian, dan daun-daunan.
B. Orang utan biasanya
mengonsumsi; buah-buahan, biji-bijian dan daun-daunan.
C. Orang utan
biasanya mengonsumsi: buah-buahan, biji-bijian, dan daun-daunan.
D. Orang utan
biasanya mengonsumsi, buah-buahan, biji-bijian, dan daun-daunan.
19.
Perhatikan kalimat berikut!
Sudah empat minggu Mutiara mencari
kucing Persianya yang hilang.
Alasan yang tepat tentang kesalahan
penulisan huruf kapital pada kata yang bergaris bawah …
A. Persia bukan
nama geografi sehingga tidak harus ditulis dengan huruf kapital
B. Persia adalah
nama geografi yang tidak diikuti oleh
nama diri geografinya
C. Persia adalah
kata adopsi yang harus ditulis dengan huruf kapital
D. Persia adalah
kata benda yang tidak perlu menggunakan huruf kapital
20. Bacalah
teks berikut!
(1) Buah tomat bermanfaat bagi manusia. (2) Selain
sebagai bumbu dan masakan, tomat, juga bermanfaat bagi kesehatan dan
kecantikan. (3) Untuk kesehatan, tomat dapat mengobati wasir, menurunkan
tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung, dan menangkal sel-sel kanker.
(4) Manfaat tomat untuk kecantikan, di antaranya menghilangkan jerawat,
menghaluskan kulit, dan sebagai masker
untuk wajah.
Makna
kata masker pada teks tersebut adalah
....
A. alat untuk
menutup muka
B. kain penutup
mulut dan hidung
C. penutup muka
untuk melindungi muka
D.
sediaan yang berwujud cairan untuk dioleskan
21. Bacalah
teks berikut!
Tren
selfie beberapa tahun ini merupakan
sebuah fenomena. Hal ini diiringi pertumbuhan perangkat mobile dan media sosial (medsos). Selfie menjangkiti semua kalangan, mulai anak-anak, remaja hingga
orang dewasa. Tak heran jika produsen smartphone
pun tak menutup mata dengan tren yang semakin menjamur. Fitur kamera belakang
menjadi salah satu nilai jual pada sebuah smartphone.
(Koran Sindo, 18 Desember 2016)
Maksud kalimat
ketiga pada paragraf tersebut adalah ... .
A.
saat ini
selfie merupakan hal yang tidak lazim
bagi semua kalangan
B.
fenomena
selfie adalah hal yang lumrah dan
biasa terjadi di semua kalangan
C.
Selfie
adalah hal luar biasa bagi anak-anak sampai dengan orang dewasa
D.
Mulai anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa
saat ini sedang senang ber-selfie
22. Bacalah
teks berikut!
Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Grha
Jombang Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak
mampat/tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah tersedia di depan rumah
warga. Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga
terawat sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap. Petugas kebersihan mengambil
sampah setiap dua hari sekali. Selain itu, setiap bulan sekali warga Perumahan
Grha Jombang Permai melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput liar
di sekitar perumahan.
Informasi tersurat dari teks tersebut adalah ... .
A. Perumahan Grha
Jombang Permai adalah area kompleks tempat tinggal yang nyaman.
B. Masyarakat
perumahan Grha Jombang Permai setiap akhir pekan melakukan kerja bakti.
C. Kesadaran masyarakat Perumahan Grha Jombang Permai masih perlu ditingkatkan.
D. Kebersihan
lingkungan di Perumahan Grha Jombang Permai sangat baik.
23. Bacalah
teks berikut!
(1)
Mengajak murid usia sekolah untuk mengamati
burung ternyata bukan perkara mudah. (2) Kendati Jakarta Green Monster lewat fasilitas Flora Fauna Internasional yang juga
telah menggandeng aktor ganteng Nicholas Saputra, nyatanya tidak semua sekolah
bersedia mengirim muridnya untuk mengamati burung di Kepulauan Seribu. (3)
Meski begitu, peminat program mengamati burung bersama Jakarta Green Monster tidak surut. (4) Tahun
lalu saja 1.800 anak sekolah menjadi pesertanya. (www.republika.co.id)
Kalimat
utama pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat ... .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D.
(4)
24. Cermatilah
teks berikut!
Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati
batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan
batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu,kecap
atau gula sehingga rasa asamnya berkurang. (http://informasiana.com)
Ide pokok teks tersebut adalah ....
A. manfaat jeruk nipis
B. kandungan
jeruk
nipis
C. campuran jeruk nipis
D. cara
penggunaan
jeruk nipis
25. Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!
Anis Baswedan
adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang meluncurkan program
“Indonesia Mengajar”. Beliau merekrut anak-anak muda terbaik lulusan perguruan
tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah dasar yang
ada di desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai
rektor termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk menjadi Rektor
Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam
pendidikan tecermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan adalah kunci utama
untuk memperoleh janji kemerdekaan.
Keistimewaan
tokoh tersebut adalah ...
- merekrut mahasiswa lulusan terbaik
- berkomitmen memajukan pendidikan
- menjadi rektor termuda di Indonesia
- menggagas program “Indonesia Mengajar"
26. Bacalah Teks Berikut !
[...] pagi itu aku ditunjuk
mengikuti lomba menyanyikan lagu wajib dalam rangka memperingati Hari
Pendidikan Nasional. Aku mendapat juara pertama dalam lomba tersebut.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
teks tersebut adalah...
A. Hari ini aku
sedih dan bahagia.
B. Hari itu aku bangga dan terharu.
C. Hari itu aku menyesal mengapa aku ditunjuk.
D. Hari itu aku
menyesal mengapa aku tidak dapat juara.
27.
Petunjuk menggunakan masker
(1) Cucilah wajah dengan sabun
khusus muka !
(2) Bilas sampai bersih dengan air
hangat !
(3) Setelah kering oleskan masker di
seluruh wajah !
(4) [...]
(5) Bersihkan kembali dengar air
hangat
(6) [...]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
petunjuk penggunaan masker tersebut adalah ...
A. (4) Biarkan
masker mengering !
(6) Wajah terlihat berseri dan putih !
B. (4) Kemudian
cuci dengan sabun mandi !
(6) Beraktivitaslah sambil menunggu masker mengering !
C. (4) Segera
bersikan muka dengan handuk kecil !
(6) Biarkan masker mengering selama 2 jam !
D. (4) Biarkan
masker mengering selama 2 jam !
(6)Kemudian cuci dengan sabun !
28.
Perhatikan kalimat berikut !
Anak yang terampil [...] sepeda
gunung itu menjadi juara dalam lomba sepeda gunung antarsekolah
Kata yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah....
A. Memakai
B. Membawa
C. Mengendarai
D. Menggunakan
29. Perhatikan kalimat berikut ini !
Ibu bertanya,” Kapan engkau menempuh ujian ?”
Perubahan Kalimat tersebut menjadi kalimat tak langsung, yaitu....
A. Ibu bertanya
kapan engkau menempuh ujian.
B. Ibu bertanya
kapan kami menempuh ujian.
C. Ibu bertanya
kapan mereka menempuh ujian.
D. Ibu bertanya
kapan saya menempuh ujian.
30.
Perhatikan data buku berikut !
Judul buku : Riwayat Sang Pemimpin
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT
Remaja Rosda Karya Bandung
Keunggulan : Penggunaan bahasa mudah dipahami
Kelemahan : Banyak salah dalam penulisan kata
Paragraf yang tepat berdasarkan data
buku tersebut adalah...
A. Isi buku ini
bercerita tentang keadilan dan kebijaksanan Sang Pemimpin menjadi raja.
Tulisannya cukup jelas dan dicetak dengan benar.
B. Bahasa yang
digunakan dalam buku ini dapat dipahami dan komunikatif, tetapi pembaca
terganggu karena banyak kata yang dicetak salah.
C. Selain menarik,
kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita
sehingga mudah dimengerti. Walaupun demikian, buku ini harus dilengkapi dengan
kata-kata buku.
D. Buku berjudul Riwayat Sang Pemimpin karya Ismail Pamungkas
dengan Penerbit PT Remaja Rosda Karya Bandung menggunakan bahasa yang mudah
dipahami walaupun banyak kesalahan penulisan kata.
31.
Perhatikan teks
petunjuk berikut!
Petunjuk Membuat Tempe
1.
Pilih jenis kedelai yang kuning mengilat.
2.
Rebus kedelai hingga setengah matang.
3.
Bersihkan kulit kedelai yang setengah
matang itu dan masak lagi hingga masak dan empuk, lalu tiriskan.
4.
Campurkan kedelai dengan benih jamur
(ragi) hingga merata.
5.
Masukkan kedelai yang telah diberi ragi
ke dalam kantong plastik atau daun pisang.
6. Setelah satu malam, kedelai di dalam
plastik ditusuk-tusuk, biarkan sampai 36 jam
dan tempe siap dijual.
|
Teks yang sesuai dengan petunjuk tersebut
adalah ….
A. Tempe adalah
jenis makanan tradisional yang banyak digemari. Makanan yang berbahan kedelai
ini, meskipun harganya relatif murah namun bernilai gizi tinggi. Jenis makanan
ini sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Banyak juga pedagang
keliling yang menjajakan tempe dari rumah ke rumah.
B. Tempe adalah
jenis makanan yang terbuat dari kedelai. Cara membuatnya pun relatif mudah.
Pilih jenis kedelai yang berwarna kuning mengkilat. Rebus kedelai itu sampai
setengah matang, lalu bersihkan kulitnya. Setelah bersih masak kembali hingga
matang, lalu tiriskan sampai kering. Kemudian campurkan kedelai yang sudah
matang tersebut dengan benih jamur (ragi) samapai rata. Masukkan adonan
tersebut ke dalam kantong plasik atau daun pisang. Setelah satu malam kedelai
di dalam plastik ditusuk-tusuk, diamkan selama 36 jam maka tempe siap dijual.
C. Tempe adalah
jenis makanan yang terbuat dari kedelai. Cara membuatnya pun relatif mudah.
Iris tipis sesuai selera, lalu rendam di dalam air garam. Diamkan kurang lebih
selama 30 menit agar air garam meresap rata. Panaskan minyak goreng kemudian
goreng hingga berwarna kecoklelatan. Tempe goreng siap disantap
D. Tempe dapat
diolah menjadi beberapa jenis makanan. Makanan yang terbuat dari kedelai ini
sudah dapat dinikmati dengan hanya menggorengnya, baik digoreng biasa atau pun
digoreng dengan melumuri dengan bumbu. Tempe goreng semakin nikmat bila dimakan
selagi hangat.
32. Bacalah kutipan cerita berikut dengan saksama!
Seekor anjing yang mendapatkan sebuah tulang dari seseorang,
berlari-lari pulang ke rumahnya secepat mungkin dengan senang hati. Ketika dia
melewati sebuah jembatan yang sangat kecil, dia menunduk ke bawah dan melihat
bayangan dirinya terpantul dari air di bawah jembatan itu. Anjing yang serakah
ini mengira dirinya melihat seekor anjing lain membawa sebuah tulang yang lebih
besar dari miliknya. Bila saja dia berhenti untuk berpikir, dia akan tahu bahwa
itu hanyalah bayangannya. Tetapi anjing itu tidak berpikir apa-apa dan malah
menjatuhkan tulang yang dibawanya dan langsung melompat ke dalam sungai. Anjing
serakah tersebut akhirnya dengan susah payah berenang menuju ke tepi sungai.
Saat dia selamat tiba di tepi sungai, dia hanya bisa berdiri termenung dan
sedih karena tulang yang dibawanya malah hilang.
Simpulan akibat konflik dalam cerita
tersebut adalah…
A. Anjing
mendapatkan tulang dari seseorang
B. Anjing melihat bayangannya di sungai
C. Anjing melompat ke dalam sungai.
D. Anjing kehilangan tulang yang dibawa.
33. Perhatikan kedua kutipan cerita berikut!
Teks
I
|
Teks
II
|
Kejadian begitu cepat. Aku pulang
pukul 12 siang. Segera kuparkirkan motor bututku di halaman sekolah. Lalu,
aku segera berlari ke tempat fotokopi. Wow, betapa terkejutnya tatkala
kulihat ada seorang gadis di situ.
|
Dua jam sudah Kadir duduk di bawah
radio umum itu, seperti tukang jaga. Mulutnya gatal-gatal hendak bicara.
Hanya radio umum yang selalu bicara kepadanya, tentang pecah sebagai ratna,
pengangkatan Suryo.
|
Perbedaan penggunaan bahasa kedua
cerita tersebut adalah…
Teks
I
|
Teks
II
|
|
A
|
Kalimatnya mudah dipahami dan tidak banyak menggunakan majas
|
Kalimatnya sulit dipahami dan banyak menggunakan majas
|
B
|
Kalimatnya sulit dipahami dan banyak menggunakan ungkapan
|
Kalimatnya sulit dipahami dan banyak menggunakan ungkapan
|
C
|
Kalimatnya mudah dipahami dan banyak menggunakan majas
|
Kalimatnya sulit dipahami dan banyak menggunakan kosa kata lama
|
D
|
Kalimatnya sulit dipahami dan banyak menggunakan istilah tertentu
|
Kalimatnya mudah dipahami dan banyak menggunakan majas
|
34. Perhatikan kedua kutipan cerita berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Tersebutlah
di padang rumput yang indah nandamai, hiduplah seekor kelinci yang sangat
nakal. Setiap hari kerjaannya hanya mengusili penghuni padang rumput.
Pada suatu
hari si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, kelinci berpikir,
“Saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana, ya?”
|
Hiduplah
seekor rusa yang sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan hewan
lain.
Pada suatu
hari, si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura
yang terlihat mondar-mandir saja. “Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan
di sini?” tanya Rusa
|
Perbedaan pola pengembangan kedua
cerita tersebut adalah…
Teks
I
|
Teks
II
|
|
A
|
dimulai dengan pengenalan tokoh
|
dimulai dengan aksi tokoh
|
B
|
dimulai dengan aksi tokoh
|
dimulai dengan latar waktu
|
C
|
dimulai dengan latar tempat
|
dimulai dengan pengenalan tokoh
|
D
|
dimulai dengan latar waktu
|
dimulai dengan aksi tokoh
|
35. Bacalah kutipan cerita berikut dengan saksama!
(1) Aku
melihatnya.(2) Aku melihat perempuan yang pernah kau ceritakan. (3) Sepulang
sekolah tadi, di dekat taman, aku melihat sepasang kupu-kupu berputar saling
melingkar. (4) Tapi mereka tak seperti kupu-kupu dalam ceritamu, Ayah. (5)
Mereka lebih cantik. (6) Yang satu berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya
seperti mutiara. (7) Yang lain bersayap putih jernih, sebening sepatu kaca
Cinderella, dengan serat tipis kehijauan melintang di tepi sayapnya.
Bukti latar pada kutipan cerita
tersebut terdapat pada nomor…
A. (2)
B. (3)
C. (6)
D. (7)
36. Bacalah kutipan cerita
berikut!
(1) Setahun setelah perkawinannya
dengan Suparli, Sripah melahirkan Supeno, bocah laki-laki dengan muka bulat dan
rambut ikal seperti bapaknya. Dua tahun
kemudian disusul oleh Sinik. (2)
Keluarga ini memang masih sama-sama berusia muda. Suryanto, anak ketiga lahir
setelah anak kedua berusia dua tahun tujuh bulan. Delapan tahun dengan tiga orang anak :
lelaki-perempuan-lelaki. (3) Sripah dan Suparli juga berpikir, anak
perempuannya diapit oleh sua laki-laki, itu namanya sendang kapit pancuran.
(4) Sebagai orang Jawa, dia harus
diruwat atau diupacarai dengan ditanggapkan wayang kulit. Kalau tidak, berarti
Sripah harus melahirkan anak lagi. Hidup tentua akan bertambah berat.
Bukti bahwa tokoh
percaya pada mitos terdapat pada kutipan nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
37.
Bacalah kutipan cerita berikut!
Burung
Pipit : “Teman-teman kita harus membantu burung nuri, ia dalam
bahaya. Ia
telah ditangkap oleh pemburu itu.”
Burung Beo : “Tidak
mau! Biar saja si sombong itu tahu rasa.”
Burung Pipit : “Kita
tidak boleh begitu teman, kita harus menolongnya.”
Komentar yang sesuai dengan isi
kutipan tersebut adalah …
- Tanggapan Beo sudah tepat untuk memberi
pelajaran pada Nuri yang sombong.
- Tanggapan Pipit sudah tepat kita harus
menolong teman yang membutuhkan.
- Pesan kutipan teks adalah kesombongan
hanya akan membawa petaka.
- Perilaku Beo patut ditiru karena setiap
tindakan pasti ada konsekuensinya.
38. Perhatikan kalimat berikut!
Radikalisme ibarat bahaya (1) . .
. yang terus mengintai Indonesia. (2)... di Jakarta yang merupakan jantung ibu
kota Indonesia menunjukkan bahwa (3). .
. itu nyata adanya.
Istilah yang tepat untuk melengkapi
bagian rumpang teks di atas adalah . . . .
- simalakama, peristiwa, kekerasan
- besar, aksi koboi, kebencian
- mengancam, peristiwa, radikal
- laten, teror, radikalisme
39. Cermati
paragraph acak berikut!
Proses Pembuatan Nata de Coco
1) Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit.
1) Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit.
2)
Saring air kelapa menggunakan saringan halus. Ini untuk menghilangkan, pecahan
tempurung serat sabut, atau kotoran lainnya.
3)
Selama pemanasan berlangsung masukkan bahan tambahan lainnya.
4)
Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai pH tertentu.
5) Pemanasan harus berhenti jika
sudah mencapai pH yang dimaksud.
Urutan langkah–langkah yang benar pembuatan nata de coco dari air kelapa adalah....
A.
(1), (2), (3), (4), (5)
B.
(2), (3),(1), (4), (5)
C.
(2), (1), (3), (4), (5)
D.
(3), (2), (1), (4), (5)
40. Bacalah teks berikut!
(1) Perbedaan itu muncul karena adanya
perbedaan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, atau profesi yang berbeda.
(2)
Setiap orang memiliki perbedaan dalam pemilihan bahan untuk dibaca.
(3) Membaca untuk tujuan
akademis berbeda dengan membaca untuk
tujuan hobi.
(4) Selain itu, dapat pula
disebabkan oleh tujuan membaca yang berbeda.
(5)
Oleh karena itu, setiap orang akan memilih bacaan sesuai dengan yang mereka
butuhkan.
Urutan yang tepat
agar menjadi teks utuh adalah …
A. (2), (1), (4),
(3), (5).
B. (1), (2), (3),
(4), (5).
C. (3), (1), (2),
(4), (5).
D. (3), (2), (1),
(4), (5)
41. Bacalah kutipan cerpen berikut.
Perempuan tua itu mendongakkan wajah begitu
mendengar desingan tajam di atas ubun-ubunnya. Di langit petang yang temaram,
ia melihat lampu kuning, hijau, dan merah mengerjap-ngerjap pada ujung-ujung
sayap pesawat terbang. Deru burung besi
itu kian nyaring begitu melewati tempatnya berjongkok. Ia menghentikan
gerakan tangannya. Menggiring burung itu lenyap dari mata lamurnya. Lalu,
tangannya kembali menggumuli cucian
pakaian yang tak kunjung habis itu. Beberapa detik sekali, tangan
keriputnya berhenti, lalu ia menampari pipi dan kaki. Nyamuk di belantara beton
ternyata lebih ganas ketimbang nyamuk-nyamuk
rimba yang saban pagi menyetubuhi kulitnya saat menyadap karet nun jauh
di pedalaman Sumatra Selatan sana.
Latar waktu cerpen tersebut adalah ....
A. pagi hari
B. siang hari
C. sore hari
D. malam hari
42. Bacalah kutipan fabel berikut.
Pada
suatu hari ada seekor Nyamuk yang sedang terbang menuju tubuh manusia. Di
tengah perjalanannya, ia melihat seekor Lalat yang sedang menyendiri dari
teman-temannya. Ia merasa iba. Ia pun mendekati si Lalat. Begitu didekati,
Lalat kaget dan takut.
“Jangan
kau dekati aku” ujar Lalat
“Jangan
takut! Aku tak akan menganggumu,” Nyamuk menenangkannya.
“Lalu
buat apa kau kemari ...?”
“Aku
hanya ingin mengetahui mengapa kau menyendiri dari teman-temanmu?”
“
Kau tidak perlu tahu masalahku!” jawabnya ketus
“
Ya sudah .... Kau mau ikut denganku?”
“
Ke mana ? Aku tidak ingin ke luar dari tempat ini!”
“
Sudahlah ikut saja!”
Lalat pun dengan terpaksa mengikuti ke
mana Nyamuk pergi. Nyamuk ternyata membawa Lalat ke suatu tempat, sebuah taman
bunga. Ia ingin menunjukkan kepada Lalat bahwa dunia luar itu indah. Di taman
bunga itu terdapat sungai yang jernih. Lalat kagum melihat itu semua.
Latar tempat pada kutipan
fabel tersebut adalah ....
A. di rumah
B. di jalan
C. di sungai
D. di taman bunga
43. Bacalah kutipan
fabel berikut.
Pada
hari berikutnya, Pak Kijang bertemu dengan Pak Kerbau, mereka menceritakan
kejadian yang telah mereka alami kemarin. Selagi mereka asyik membahas masalah
yang menimpa keluarga mereka yang sudah pasti disebabkan oleh si Kelinci,
tiba-tiba terdengarlah suara teriakan si Kelinci dari kejauhan, “Tolong, saya
dikejar-kejar Pak Singa. Pak Singa ngamuk! Tolong, toloong, tolooong ... !!”
tapi tidak ada yang peduli. Ah, paling-paling si Kelinci lagi-lagi membohongi
kita,” pikir mereka sambil tertawa melihat si Kelinci.
Dengan sekuat tenaga kelinci melompat-lompat
lari seribu langkah menghindari
kejaran maut dari Pak Singa, tapi apalah daya, Pak Singa pasti selalu lebih cepat larinya.
Makna simbol pada
kata yang dicetak tebal pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. lari dengan
rasa takut
B. lari untuk
bersembunyi
C. lari dengan
kecepatan tinggi
D. lari sejumlah
seribu langkah
44.
Bacalah kutipan fabel berikut.
Pada suatu hari, Kancil merasa sangat lapar. Dia berjalan
kesana-kemari, tetapi tidak mendapatkan makanan. Ketika hari sudah sore, Kancil melihat Kera sedang
asyik makan pisang di atas pohon. Nikmat betul kelihatannya.
Kancil ingin
sekali menikmati pisang itu. Akan tetapi, bagaimana caranya mengambil pisang
itu ? Memanjat pohon, ia tidak bisa. “Meminta pada Kera, pasti ia tidak
memberi. Kera itu kan pelit.” Kancil mencari akal. Kancil pun menemukan akal.
Ia melempari Kera
dengan batu-batu kecil. Mula-mula Kera
tidak peduli, Kancil tidak berputus asa. Kancil terus melempari Kera. Ia
berusaha agar Kera marah. Lama- kelamaan Kera menjadi kesal dan marah. Ia balik
melempari Kancil dengan kulit pisang. Setelah kulit pisang habis, Kera
melempari Kancil dengan buah pisang.
Kancil pura-pura
kesakitan, Kera semakin bersemangat melempari hingga semua pisang dilempari ke
arah Kancil. Kera merasa puas, kemudian meninggalkan pohon itu. Akal Kancil
berhasil. Setelah Kera pergi, Kancil
mulai mengumpulkan pisang yang berserakan. Dimakannya pisang-pisang itu dengan
lahapnya.
“Hmmmm ... enak
sekali”
Isi tersirat
kutipan fabel tersebut adalah ....
A. Kecerdikan bisa
membawa manfaat
B. Jagalah
hubungan baik dengan makhluk lain.
C. Jangan berbuat
curang untuk mendapatkan sesuatu.
D. Kancil mearsa
senang karena bisa makan buah pisang.
45. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Pak
Kerto merasa aliran darahnya terhenti ketika di depannya berdiri empat orang polisi dengan senjata di tangan.
“Jangan bergerak!”, gertak salah seorang polisi. Ketiga polisi lainnya langsung masuk rumah kecil itu. Pak Kerto berdiri kaku, mematung, tidak tahu apa yang terjadi.
“Maaf, Bapak saya tangkap”, kata polisi sambil mendekat dan memborgol kedua tangan Pak Kerto.
“Apa salah saya, Pak?” tanya Pak Kerto terputus-putus.
“Bapak telah
menanam dan menyimpan pohon ganja. Pemerintah melarang menanam pohon itu”, jawab polisi itu tegas.
“Tapi saya hanya disuruh juragan. Saya hanya melaksanakan perintah juragan, Pak”, kata Pak Kerto tertunduk.
“Saya mengerti dan memahami keadaan Bapak. Juragan Bapak sekarang ada di tahanan polisi”.
Simpulan penyebab konflik dalam
cerita tersebut adalah…
A. Polisi
menggerebek rumah Pak Kerto
B. Pak Kerto menanam dan menyimpan pohon ganja.
C. Pak Kerto hanya melaksanakan perintah juragannya.
D. Juragan Pak Kero ditahan polisi.
46. Perhatikan bacaan berikut dengan saksama!
Pemerintah
Indonesia menunjukkan kemarahannya kepada pemerintah Australia dengan
memanggil pulang duta besarnya di Canberra. Langkah ini merupakan upaya
Indonesia untuk menurunkan tingkat hubungan diplomatik kedua negara. Hal itu merupakan akibat dari ulah intelijen
pemerintah Australia yang menyadap penggunaan telepon sepuluh pejabat
Indonesia.
Simpulan
isi paragraf tersebut adalah ...
A.
Pemerintah Australia marah karena
penyadapan yang dilakukan pemerintah Indonesia.
B.
Duta Besar Australia marah karena
penyadapan yang dilakukan pemerintah
Indonesia.
C.
Indonesia menurunkan tingkat
hubungan diplomatik karena penyadapan
yang dilakukan Australia.
D.
Hubungan diplomatik antara Indonesia
dan Australia menurun karena kekurangan intelijen.
47. Bacalah teks berikut!
(1) Orang tua
mengizinkan anak di bawah umur menggunakan motor, alasan utamanya butuh alat
transportasi. (2) Penggunaan motor bagi pelajar menghemat biaya dan waktu. (3)
Data Ditlantas Polres Jombang, jumlah anak di bawah umur yang menjadi pelaku
kecelakaan melonjak 11,11%. (4) Anak di bawah umur ‘belum punya SIM’ perilaku
berkendaraannya belum stabil dan ada rumor yang menyebutkan mereka hanya bisa ngegas
tapi lupa ngerem. (5) Terlepas dari itu pemerintah daerah sebaiknya
menyediakan alat transportasi yang murah dan tepat waktu.
Pendapat
yang pro pada teks tersebut ditandai dengan nomor ...
A.
(2)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(5)
48. Perhatikan bacaan berikut dengan saksama!
Perlunya
Resapan Air untuk Mencegah Banjir
Banjir
sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran bila
pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk
menyelesaikan masalah ini. Membangun saluran air yang bagus merupakan salah
satu cara pemerintah menanggulangi banjir. Namun, itu semua tidak akan berhasil
apabila tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi, resapan
air ini merupakan syarat mutlak menanggulangi banjir.
Pendapat
yang kontra terhadap kutipan isi teks tersebut adalah ...
- Solusi tersebut merupakan satu-satunya
cara menanggulangi banjir.
- Solusi seperti itu sudah tepat sehingga
harus segera direalisasikan.
- Solusi yang dipilih pemerintah tidak akan
mampu menanggulangi banjir.
- Solusi tersebut masuk akal dan perlu
dukungan dari semua pihak.
49. Bacalah teks berikut!
Melihat
gambar porno dapat menimbulkan kecanduan. Bukan menakuti-nakuti, tetapi
demikian hasil penelitian Donald L.
Hilton Jr., ahli bedah syaraf Amerika. Hal itu disampaikan pada seminar tentang dampak pornograf terhadap
kerusakan otak di Jakarta.
Kecanduan
melihat gambar porno akan mengakibatkan otak bagian tengah depan yang disebut
Ventral Tegmental Area (VTA) secara fsik mengecil. Penderita pengecilan otak
ini akan mengalami keterlambatan dalam menyampaikan sebuah informasi.
Rangkuman
bacaan tersebut adalah ...
A.
Melihat gambar porno dapat
menimbulkan kecanduan yang mengakibatkan otak bagian tengah depan secara fisik
mengecil.
B.
Penderita pengecilan otak akan
mengalami keterlambatan dalam menyampaikan sebuah informasi.
C.
Melihat gambar porno mengakibatkan
kecanduan. Hal itu disampaikan pada
seminar tentang dampak pornograf terhadap kerusakan otak.
D.
Hasil penelitian ahli bedah syaraf
Amerika menyatakan kecanduan melihat
gambar porno mengakibatkan penderita mengalami keterlambatan.
50. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Dalam novel ini, Dilan adalah seorang remaja SMA tahun 90 yang
unik, serampangan. Dilan juga ikut dalam anggotan geng motor yang suka
tawuran dengan sekolah lain. Ia memiliki prinsip untuk tidak takut melakukan
sesuatu yang ia anggap benar.
Walaupun terkenal nakal, tapi Dilan enggak brengsek. Karena ia
ini serampangan, cara Dilan untuk ngedeketin Milea tidak seperti cara yang
dipakai remaja lain pada umumnya.
Saat ulang tahun Milea, Dilan memberi buku TTS yang sudah diisi
lalu dibungkus koran, dengan pesan di dalamnya, “Selamat ulang tahun, Milea.
Ini hadiah untukmu, cuma TTS. Tapi sudah aku isi semua. Aku sayang kamu. Aku
tidak mau kamu pusing karena harus mengisinya. Dilan.”
|
Perahu kertas merupakan sebuah novel karya Dewi Lestari. Novel
ini merupakan karya ke-6 penulis . Novel ini bertemakan persahabatan dan
percintaan kehidupan seorang remaja modern.
Novel Perahu Kertas menceritakan
seorang remaja yang bernama Keenan yang baru saja lulus dari SMA di
Amsterdam dan terpaksa pulang ke Indonesia untuk kuliah di Bandung.
Ia kuliah disana karena ayahnya menginginkan Keenan menjadi
seorang pebisnis, namun pada kenyataannya Keenan sendiri ingin menjadi
seorang pelukis.Bakat melukisnya ia miliki dari ibunya.
Di sisi lain Kugy adalah seorang wanita remaja yang mempunyai
cita-cita menjadi seorang juru dongeng. Namun dia tetap melanjutkan
pendidikannya di Fakultas Sastra.
|
Pernyataan yang tepat
terkait dengan penggunaan bahasa kedua
teks tersebut adalah ....
Teks I
|
Teks II
|
|
A.
|
mudah dipahami
|
sulit dipahami
|
B.
|
banyak menggunakan bahasa kias
|
menggunakan bahasa lugas
|
C.
|
banyak istilah bahasa asing
|
tidak banyak istilah bahasa asing
|
D.
|
menggunakan bahasa yang tidak formal
|
bahasa yang digunakan
formal
|
***
Rizqi Adhi F.(26), IX-I: soalnya bagus bu... Saya jadi bisa belajar Bahasa Indonesia tidak dari buku saja.😊😊😊
BalasHapusAlhamdulillah... Sukses ya..
HapusM.Rizki Devan R.(20) IX-I:
BalasHapusDengan adanya blog ini siswa jadi mudah belajar dan tidak perlu mahal mahal membeli buku.
Semoga bermanfaat, Devan. Sukses selalu
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusFebiati Nur Wahyuni (12) IX-J. Blog ini sangat berguna untuk siswa, karena siswa bisa mengisi waktu luangnya untuk melatih pengetahuan dalam pelajaran Bahasa Indonesia khususnya untuk kelas 9 yang akan menghadapi UN.
BalasHapusAlhamdulillah. Semoga sukses ya
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusPutri Salisa Ulvie Azkia (22) IX J juga sudah bu
BalasHapusSukses selalu
HapusTrisia Nuzulul Prastika (28) IX J :
BalasHapusMakasih bu...bisa nambah latihan soal buat UN
Semoga bisa mengasah kemampuanmu, Tris. Sukses ya
HapusSudah saya kerjakan bu... Terima kasih buat soalnya bu..bisa tambah" latihan soal buat UN
BalasHapusSemoga sukses, Bil
HapusYesinta Aprilia (30) IX-J:
BalasHapusBlog ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa apalagi untuk siswa yang memiliki waktu luang, jadi siswa dapat mengisi waktu luang dengan hal-hal uang positif seperti mengerjakan soal di blog ini
Bagus...semoga bermanfaat
HapusM.Fajar Alamsyah IX-I:
BalasHapusSoalnya sip, lumayan melatih kejelian mata.
pesan saya sebelum mengerjakan baca basmalah dan berdo'a agar dimudahkan serta membaca hamdalah setelah mengerjakan soal.
Semangat belajar kawan karena sesungguhnya Allah meninggikan derajat orang-orang yang menuntut ilmu dalam hal kebaikan.
M.Fajar Alamsyah IX-I:
BalasHapusSoalnya sip, lumayan melatih kejelian mata.
pesan saya sebelum mengerjakan baca basmalah dan berdo'a agar dimudahkan serta membaca hamdalah setelah mengerjakan soal.
Semangat belajar kawan karena sesungguhnya Allah meninggikan derajat orang-orang yang menuntut ilmu dalam hal kebaikan.
Alhamdulillah...semoga sukses dan barokah ilmu yang kamu dapat, Fajar.
HapusM.Fajar Alamsyah IX-I:
BalasHapusSoalnya sip, lumayan melatih kejelian mata.
pesan saya sebelum mengerjakan baca basmalah dan berdo'a agar dimudahkan serta membaca hamdalah setelah mengerjakan soal.
Semangat belajar kawan karena sesungguhnya Allah meninggikan derajat orang-orang yang menuntut ilmu dalam hal kebaikan.
Syafrudin Teguh Wibowo IX-J
BalasHapusSoal soal disini bagus dan dapat dijadikan referensi Tambahan untuk soal UN bahasa Indonesia
Sukses ya, Din...semoga lancar ujian nanti.
HapusYa bu,Terima kasih... Amin YRA
HapusRadila Rahmasari (23) IX-J
BalasHapusblog ini sangat bermanfaat bagi murid kelas 9 yang akan menghadapi UN^__^. saya dapat mengisi waktu luang dengan hal positif seperti mengerjakan soal ini. terimakasih bu
Azarine Aisyah Ramadhani (07) IX-I - Saya sudah, Bu.
BalasHapusTerimakasih atas soalnya, Bu. Lumayan untuk mengasah kemampuan agar semakin meningkat, ehe//
Natasya idara christanti/IX-J
BalasHapusBlog ini sangat membantu belajar saya untuk menghadapi UNBK.terima kasih bu
Natasya idara christanti (20)/IX-J
BalasHapusSaya sudah bu
Terima kasih ibu sudah membantu saya memberikan latihan soal untuk belajar menghadapi UNBK
Sekali lagi terima kasih bu
RIZKY DWI HARDIANI (25) IX-I -Saya sudah mengerjakan bu dan soalnya sangat bagus dan melatih kita untuk lebih teliti serta dapat menambah materi kita terimakasih bu :)
BalasHapusNADYA WAHYU PRAMITA (22) IX-I. Saya sudah mengerjakan soalnya. Dan ini bagus sekali, karena kita nggak hanya belajar dari buku saja, tapi kita juga bisa mengerjakan soal dari blog ini. Sangat bermanfaat :)
BalasHapusAPRILLYA WAHYUNY (04) IX-I .
BalasHapusSaya sudah mengerjakan soalnya .Dan soalnya sangat bagus dan bisa nambah materi kita selain dari buku ,bisa membantu memberikan latihan soal selain dr buku untuk persiapan UNBK .Sangat bermanfaat sekalii:)
Irkhan Alif Bimantara(32) IX-I: Terima kasih banyak, bu, Untuk soal-soalnya.Saya akan berusaha yang terbaik untuk mengejakan soal-soalnya : )
BalasHapusSILMY MAULIA DEWI (25) IX-J. Terima kasih bu, soal-soalnya bermanfaat sekali. Saya bisa lebih siap menghadapi UNBK
BalasHapusTsamarah Huwaida (28) IX-I. Soalnya mantap, dengan bentuk soal yang seperti ini bisa membuat saya merasa bersemangat dan tertantang untuk belajar bahasa Indonesia. Bismillah semoga sukses selalu :)
BalasHapusGeorge King B.P(13) IX-I :
BalasHapusBlog ini sangat berguna untuk mengasah kemampuan
Bryan Evan A.S(08) IX-I
BalasHapusSoal-soal disini cukup bagus, tingkat kesulitan hampir sama dengan soal latihan UN, hitung hitung buat latihan/belajar, terima kasih Bu Atik
Yuan Anestesya Ramadhini (30) IX-I
BalasHapusTerima kasih bu,soalnya bermanfaat sekali. Selain, melatih ketelitian, juga bisa mengasah kemampuan diri dalam bidang bahasa indonesia. Makasih bu:)
Lilik Khusnul Isnaini(15) IX-I
BalasHapusTerima kasih bu,soal nya sangat bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan ketelitian dalam mengerjakan soal.
Ani Meyrinda (03) IX-I
BalasHapusSoalnya gampang-gampang susah bu :). Terima kasih,bu,karena dengan soal yang diberikan oleh Bu Atik,saya melatih dan mengasah kemampuan saya. Terima kasih,bu :")
Alfiyah Dwi Puspita (02) IX-I
BalasHapusAlhamdulillah soalnya manttapu jiwa bu. Dengan mengerjakan soal² ini saya dapat mengisi waktu luang karena tidak ada kegiatan :'. Sangat bermanfaat sekali Bu soal-soal yang diberikan:3. Terima kasih bu
Zhaahira Syahwa Hafidzah (31) IX-I
BalasHapusSoalnya sangat bermanfaat dan latihan soal ini cukup membantu saya belajar lebih teliti lagi. Terima kasih.
Aisyah Hilwa Assabillah (01) IX-I
BalasHapusSoalnya bagus bu, bisa saya jadikan latihan dirumah untuk ngisi waktu. berkat ibu waktu luang sy akhirnya bermanfaat, terima kasih bu atik. saranghae<3
MOH.SAIFULLOH(15)IX-J
BalasHapusSoal ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kelas 9 yang akan menghadapi UN karena soal ini dapat menjadi latihan untuk menghadapi UN sehingga memperoleh nilai yang memuaskan
Dheas Rizqi Amelia (08) IX-J
BalasHapusSaya sudah mengerjakan soal Bu. Soal yang Bu Atik berikan sangat bermanfaat bagi saya. Dengan latihan soal-soal ini saya semakin siap menghadapi UNBK. Terima kasih Bu.
Risma Ertika Damayanti(24)IX-I
BalasHapusDengan soal ini kita bisa melatih mengasah otak dengan teliti dan menambah pengetahuan.
Agustin Kartika Putri(01)IX-J
BalasHapusSaya sudah mengerjakan soalnya bu. terima kasih. soalnya bisa untuk tambahan latihan UN.
Ersa Putri Wibowo(11) X-J
BalasHapussaya sudah mengerjakan soal bu. terima kasih. soalnya sangat bermanfaat
Gandhi Akbar M.P(14)IX-J sudah selesai Bu, maaf baru komen
BalasHapusNadya Aulia Mardhatillah(19)IX-J
BalasHapusSaya sudah mengerjakan Bu. Soal ini bisa mengasah kemampuan saya untuk menghadapi UNBK. Terima kasih Bu.
Daiva Alfa Putri A.(09) IX-I, soal-soalnya sulit tapi dengan ini saya menjadi lebih teliti dalam membaca terima kasih bu
BalasHapusElfinta Nawang P. (10) IX-J
BalasHapusSudah mengerjakan bu
Asna Isyarotul A.(06) IX-I Terimakasih bu soal-soalnya, soal nya menarik untuk melatih ketelitian karena ada banyak teks tapi sedikit sulit. Maaf bu baru komen
BalasHapusFatih Awab A. (12)
BalasHapusSoalnya sudah bagus dan menarik Bu, dan banyak soal-soal yang HOTS untuk melatih ketelitian saat dipelajari dan dikerjakan di rumah.
Yafi Anggriya Ghani P. (29) IX-I
BalasHapusSoalnya begus, menarik, walaupun sulit. Juga bisa memperbanyak latihan soal, melatih ketelitian, dan melatih logika. Terima kasih Bu atas soal yang ibu berikan, saya mohon maaf batu mengerjakan dan komen sekarang
Thorriqul Astyo D. (27) IX-I
BalasHapussoalnya bagus bu bisa buat nambah wawasan Dan dapat di pahami dengan baik
Rischa Aulia Aprilia R (23/9I) soalnya bagus bu bisa buat tambahan bajar
BalasHapus