Sabtu, 13 Oktober 2018

SMP NEGERI 2 JOMBANG  MENJADI SEKOLAH RUJUKAN TAHUN 2018



  Pembukaan Kegiatan Program Sekolah Rujukan :
Kepala Sekolah, Kabid SMP, Narasumber dari LPMP

            SMP Negeri  2 Jombang ditunjuk menjadi sekolah rujukan untuk wilayah Kota Jombang. Penunjukan itu berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pembinaan SMP Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor 2989/D3/KP/2018 tentang Penetapan Sekolah Menengah Pertama Rujukan Tahun 2018 Tanggal 2 Juli 2018.  Kepala SMP Negeri 2 Jombang, Sri Hartatik, S.Pd., M.M. mengungkapkan, penunjukan sebagai sekolah rujukan, membawa konsekuensi untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan  karena sekolah yang ditunjuk harus mampu menjadi contoh bagi sekolah lain di sekitarnya.
         Ada pun indikator sebagai sekolah rujukan meliputi; (a) terakreditiasi A, (b) memiliki lingkungan pendidikan yang kondusif, (c) memiliki budaya mutu, (d) melaksanakan program budi pekerti, (e) menjadi pusat keunggulan : Keunggulan yang dimiliki sekolah rujukan dapat berbentuk keunggulan di bidang akademik maupun non akademik, misalnya inovasi proses pembelajaran, manajemen sekolah, iptek, seni, budaya, olahraga, dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.   (f) lokasi yang strategis, mudah dijangkau dari segala arah, dan aman.
              Serangkaian program sekolah rujukan telah dilaksanakan. Program tersebut meliputi :
1.       Penerapan SPMI
2.      Pengembangan ekosistem pendidikan sekolah yang kondusif
3.       Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah dan Penguatan pendidikan Karakter
4.      Pengembangan sekolah sebagai pusat keunggulan
5.      Pengimbasan
           SMP Negeri 2 Jombang terus melakukan pembenahan dari waktu ke waktu. Selain melakukan penataan lingkungan sehingga siswa lebih nyaman belajar, juga meningkatkan sarana dan prasarana sekolah. Dukungan orang tua, sangat membantu untuk mewujudkan lulusan yang diharapkan, di samping pembiayaan dari anggaran pemerintah sehingga amanah yang diberikan oleh Kemendikbud dapat diwujudkan.
        Dalam pengembangan akademik, peningkatan pembelajaran serta evaluasi belajar telah didukung perangkat yang memadai, yakni komputer.  Dalam pelaksanaan penilaian yang diselenggarakan oleh sekolah,  peserta didik  sudah membiasakan dengan menggunakan komputer (CBT) baik itu dalam penilaian harian maupun penilaian akhir semester.  Dalam pelaksanaan  Ujian Nasional tahun 2018 merupakan tahun ketiga SMP Negeri 2 Jombang menggunakan CBT (Computer Based Test), yang berjalan lancar tanpa gangguan. Hasil UN dalam beberapa tahun terakhir tetap menjadikan  SMP Negeri 2 Jombang menduduki peringkat 1 se-Kabupaten Jombang dan lulusan SMP Negeri 2 Jombang mendominasi 20 besar peserta didik dengan nilai tertinggi UN  di Kabupaten Jombang.  
             Selain  itu, program peningkatan kompetensi guru terus diupayakan demi kemajuan generasi milenia di abad 21 ini. Berbagai workshop telah diselenggarakan sebagai bentuk pengembangan sekolah sebagai pusat keunggulan, antara lain workshop e learning, penyusunan soal berbasis HOTS, lesson study, pengelolaan kelas, dan masih banyak kegiatan dalam peningkatan kompetensi guru.
            Penguatan pendidikan karakter juga dijalankan dengan tertib oleh peserta didik. Kegiatan itu antara lain sepuluh menit sebelum bel masuk berbunyi semua warga sekolah melakukan nersih-bersih lingkungan kelas. Berikutnya, setelah berada di kelas, pembiasaan membaca Alquran selama lima belas menit, dilanjutkan pembiasaan membaca buku bacaan dan membuat resume. Selain pembiasaan setiap hari, penguatan karakter diimplementasikan juga dalam kegiatan tiap hari Jumat. Ada Jumat Bersih, Jumat Baca, Jumat Agamis, dan Jumat Sehat. Semua kegiatan itu untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter, generasi milenia yang mampu menyongsong abad 21 dengan karater yang patut diteladani. 
FOTO-FOTO KEGIATAN SEKOLAH RUJUKAN









Tidak ada komentar:

Posting Komentar